Mengenal Interactive Flat Panel Display

 

Papan tulis pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960-an dan belum terpikirkan akan ditempatkan pada sebuah ruangan kelas. Namun pada tahun 1990-an mulai ada perintis-perintis yang memerlukan papan tulis sebagai alat dan bahan untuk memudahkan proses belajar dan mengajar. Pada saat itu, sudah ada papan tulis hitam (blackboard) dengan menggunakan kapur sebagai alat tulisnya. Tulisan atau gambar yang dibuat dengan kapur tulis mudah dihapus dengan lap basah atau penghapus papan tulis yang dibuat dari secarik karpet yang ditempelkan di sepotong kayu.

 

Papan tulis konvensional seperti blackboard atau whiteboard yang kita kenal hanya tinggal menunggu waktu karena akhirnya perlahan akan ditinggalkan. Papan tulis interaktif (Interactive Flat Panel) saat ini mulai menggantikan peranan blackboard atau whiteboard di masa depan untuk perangkat belajar mengajar, baik digunakan di ruang kelas atau di ruang meeting.

Interactive Flat Panel (IFP) selain mempunyai fungsi utama yang dibutuhkan oleh ruang kelas atau ruang meeting yaitu untuk menulis (draw/annotate), IFP juga dapat menampilkan gambar dan video dengan resolusi tinggi. Materi gambar dan video yang ditampilkan terlihat jelas dan tidak silau oleh cahaya matahari. Hal ini disebabkan, mayoritas IFP sudah dilengkapi fitur anti glare pada tempered glass yang melapisinya. Selain itu, IFP juga memiliki Viewing angle 178o  sehingga kondisi pencahayaan bagaimanapun, tetap bisa dipastikan bahwa siswa atau peserta training dapat melihat konten dengan jelas di mana pun mereka duduk. Dengan IFP, seorang guru atau trainer mendapatkan kemudahan dalam menampilkan presentasi dan data sehingga siswa atau trainner dapat dengan mudah memahami apa yang sedang disampaikan karena dilengkapi dengan audio dan visual yang mumpuni.

IFP yang dilengkapi layar sentuh interaktif dan berkinerja tinggi adalah solusi presentasi yang sempurna untuk ruang kelas serta ruang meeting dan dapat menjadi alat pengajaran yang mulus dengan kemampuan tanpa batas. Dengan IFP yang dilengkapi dengan kemampuan wireless screen sharing memudahkan peserta meeting ataupun guru dan siswa mengirimkan bahan untuk materi atau presentasi ke layar IFP.

 

 

Berita Terkait